Rabu, 07 November 2012

Customs Tactical Unit

Customs Tactical Unit
Sama halnya dengan tugas TNI, Polri dan Penegak Hukum yang lain , Direktorat Bea dan Cukai mempunyai tugas dan semangat yang sama yaitu mempertahankan kedaulatan dan keamanan bangsa dan negara. Salah satu tugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam melindungi keamanan negara yaitu dengan pengawasan yang ketat terhadap keluar masuknya barang dari dan ke dalam daerah pabean Indonesia. 

Dengan pengawasan yang ketat tersebut diharapkan tidak ada barang-barang larangan dan/atau pembatasan yang masuk atau keluar daerah pabean Indonesia. 

Karena tantangan dalam menghadapi upaya-upaya penyelundupan barang larangan dan/atau pembatasan semakin berat, maka untuk mendukung tugasnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai membentuk suatu tim khusus yang memiliki kemampuan akademis yang bagus dan fisik di atas rata-rata, yang disaring melalui beberapa tahapan. Serangkaian tahapan tes tersebut, meliputi  : tes wawancara, pre-tset, post-test, tes kebugaran, kesehatan, bebas narkoba hingga tes akademik yang meliputi penguasaan peraturan terkait barang lartas (larangan dan pembatasan) . Jadi memang betul-betul harus dari pejabat/ pegawai  yang berkualitas yang dicari untuk masuk dalam satuan unit ini.

 Tim khusus tersebut adalah CTU ( Customs Tactical Unit).
Pelatihan CTU
Pelatihan CTU

Pelatihan CTU
Penutupan Pelatihan CTU
Sampai saat ini telah banyak keberhasilan yang ditorehkan oleh CTU atas penggagalan upaya penyelundupan yang terjadi di Indonesia. Dengan adanya CTU ini, diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi warga negara Indonesia atas upaya-upaya penyeludupan Narkotika, Prekursor dan Psikotropika dan barang-barang larangan dan/atau pembatasan lain yang dapat membahayakan bangsa dan negara. 


Keberhasiln CTU

Keberhasilan CTU



Keberhasilan CTU


Hidup Customs Tactical Unit, Hidup Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jadilah Instansi yang membanggakan bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

Ditulis oleh : Bayu Dwi Nurcahyo

2 komentar: