Selasa, 09 Juli 2013

Current Cost Accounting

Tulisan ini berasal dari rangkuman atas buku Accounting  Theory edisi 6 karangan Godfrey, diambil dari hasil rangkuman  oleh DEADY RIZKY YUNANTO, FAUZIAH NOOR, PENDIK SAPUTRO , YAYAN PUJI RIYANTO. Karena bermanfaat maka saya upload..selamat membaca..

CURRENT COST ACCOUNTING
Learning Objectives:
Mampu menjelaskan,
1.       Busines profit, memperoleh keuntungan dan pentingnya mengukur konsep-konsep
2.       Perdebatan mengenai konsep keuangan dan Physical capital
3.       Standar current cost accounting yang telah direkomendasikan atau digunakan di seluruh dunia
4.       Kritik terhadap current cost accounting
5.       Kontra argumen dari para ahli current cost accounting
6.       Hasil dari studi empiris.

L.O 1: BUSINESS PROFIT, HOLDING GAINS AND ADVANTAGE OF MEASURING THESE CONCEPTS
1. Alasan Menggunakan Current Cost Accounting
Mengapa menggunakan current cost? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mempertimbangkan kebijakan-kebijakan manajer yang dihadapkan untuk menjalankan bisnis. Satu asumsi yang dapat kita buat adalah manajer perusahaan ingin mengetahui bagaimana seharusnya mengalokasikan sumber daya perusahaan untuk memaksimalkan laba. Terdapat masalah mendasar yang terbagi dalam 3 pertanyaan:
a.       Berapa jumlah aset yang harus ada pada waktu tertentu? Ini adalah masalah ekspansi.
b.      Apa seharusnya bentuk aset ini? Ini adalah masalah komposisi.
c.       Bagaimana seharusnya aset dibiayai? Ini adalah masalah pembiayaan.
Manajer membuat kebijakan-kebijakan dari 3 pertanyaan tersebut yang diperlukan untuk merumuskan ekspektasi di masa depan. Ekspektasi didasarkan pada harapan masa lalu. Oleh karena itu, untuk membuat kebijakan yang melibatkan perumusan ekspektasi yang relatif akurat, manajer perlu mengevaluasi kebijakan pada masa yang lalu. Daya guna data akuntansi untuk tujuan ini didasarkan pada perbandingan data dengan ekspektasi semula yang ditentukan untuk periode tertentu. Jika kesalahan yang terungkap adalah ekspektasi yang primer, harapan atau ekspektasi harus diubah. Sebagai contoh, jika harga bahan baku lebih tinggi dari yang diharapkan, maka perusahaan perlu mengubah ekspektasi atas harga di masa depan. Dengan demikian, informasi akuntansi menjadi berguna, kebijakan harus mengukur peristiwa aktual dari periode tertentu seakurat mungkin. Jika informasi yang termasuk peristiwa periode sebelumnya dicampur dengan peristiwa periode berjalan, maka proses evaluasi menjadi membingungkan. Juga, jika beberapa peristiwa periode berjalan dihilangkan, akan mengakibatkan kebingungan dalam proses evaluasi
Berdasarkan teori ini, informasi akuntansi menyajikan tujuan:
a.       Evaluasi oleh manajer dari kebijakan masa lalu mereka dalam rangka untuk membuat kebijakan yang terbaik untuk masa depan.
b.      Evaluasi manajer oleh pemegang saham, kreditur, dan lain-lain. Evaluasi oleh kedua sisi yaitu orang dalam dan orang luar juga menyediakan sarana untuk keberhasilan fungsi ekonomi, karena, secara teoritis, sumber daya kemudian akan dialokasikan lebih efisien.
c.       Tujuan lainnya dari informasi akuntansi adalah untuk menyediakan dasar yang kuat dan merata untuk perpajakan.
2. Business Profit Concept
Manajemen sering menghadapi 2 kebijakan: Apakah akan ‘menahan’ aset dan kewajiban atau membuangnya (misalnya melalui penjualan aset atau pembayaran utang) dan Bagaimana menggunakan dan membiayai operasional entitas.
Dalam rangka untuk mengevaluasi kedua induk dan kebijakan operasi dari manajer, ditawarkan konsep pendapatan yang disebut ‘busines profit’. Dua komponen utama business profit adalah current operating profit dan realisable cost savings.
Current operating profit (current operating profit) adalah ekses dari nilai saat ini dari output yang terjual lebih dari current cost dari masukan yang terkait.
Realisable cost savings adalah peningkatan current cost pada aset yang dimiliki oleh perusahaan pada periode berjalan.
Keduanya mencakup perubahan biaya yang direalisasi dan yang belum direalisasi. Busines profit dihitung secara real basis – yaitu, elemen fiksi akibat perubahan tingkat harga umum dihilangkan. Istilah yang kita gunakan untuk realisable cost savings adalah ‘holding gains / losses’, yang dapat direalisasikan atau belum direalisasi.
3. Holding gains and losses
Apa manfaat dari pemisahan pengukuran antara holding gain and loss? Memegang komposisi tertentu dari aset dan kewajiban adalah salah satu cara manajemen untuk meningkatkan posisi pasar perusahaan. Manajer dan lain-lain ingin tahu apakah harapan ini sukses. Dalam akuntansi konvensional, keuntungan dicatat hanya ketika aset tersebut dilepaskan. Oleh karena itu, menentukan apakah harapan manajemen berhasil atau tidak adalah hampir mustahil kecuali aset yang dibeli dan dijual dalam periode yang sama. Juga, dalam akuntansi konvensional, ketika membandingkan perusahaan, kita dapat disesatkan perusahaan mana yang lebih efisien. Misalkan semua perusahaan dalam suatu industri tertentu sama-sama efisien, tetapi Perusahaan A dimulai 10 tahun lebih awal dari yang lain. Keuntungan operasional A akan lebih besar karena beban penyusutan rendah, sehingga memberikan kesan bahwa A lebih efisien daripada yang lain. Tapi keuntungan yang lebih besar bukan karena efisiensi dari manajer dalam operasi perusahaan pada tahun berjalan. Sebaliknya, itu mencerminkan efisiensi para manajer dari 10 tahun yang lalu dalam memulai bisnis dan pembelian suatu aset pada saat itu. Oleh karena itu, pemisahan holding gain dan operating profit memberikan kredit untuk manajer yang tepat.
Misalkan bahwa A Perusahaan menjadi kurang efisien dan sejarah saat ini biaya laba operasi adalah sama dengan perusahaan lain. Inefisiensi akan tersembunyi juka memakai akuntansi konvensional karena holding gain akan dicampur dengan laba operasional. Sebuah asumsi yang mendasari Current Cost Accounting adalah bahwa percampuran holding gains dan operating gains membingungkan evaluasi kebijakan manajemen dan menghalangi alokasi sumber daya dalam perekonomian. Namun, pemisahan current operating profits dan holding gain (or losses) tidak selalu diterima bermanfaat. Drake dan Dopuch, serta Prakash dan Sunder, menegaskan bahwa beberapa kebijakan manajer mempengaruhi kedua komponen, sehingga dalam beberapa kasus holding gain dan current operating profit tidak independen satu sama lain. Misalnya, aset yang diperoleh untuk menurunkan future operating expenses (misalnya mesin baru yang dibeli untuk menghasilkan persediaan dengan biaya yang lebih rendah). Manfaat yang berhubungan langsung dengan aset akan tercermin dalam future operating profits daripada perubahan dalam current cost aset saat diperoleh. Jika current cost aset mengalami penurunan, hal itu tidak akan masuk akal untuk menyalahkan manajemen dalam menimbulkan kerugian jika peningkatan laba usaha karena penurunan beban usaha (HPP di contoh kita) lebih dari offset kerugian.
4. Mengapa holding gains merupakan komponen dari pendapatan
Pendukung teori ini percaya bahwa holding gain merupakan ‘tabungan yang disebabkan oleh fakta bahwa masukan tersebut diperoleh sebelum digunakan. Tabungan ini diperuntukan untuk mengadakan aktivitas. Tapi mengapa kenaikan current cost aset dianggap sebagai bagian dari penghasilan? Mereka tidak pernah secara langsung memberikan jawaban atas pertanyaan, tapi Revsine berpendapat bahwa teori mereka menunjukkan kemungkinan respon sebagai berikut:
“Laba sebuah perusahaan berasal dari kenaikan harga aset karena, jika tidak, cash flow keluar yang lebih besar akan diperlukan jika ingin membeli sekarang. Penghematan kas pada waktu yang tidak disengaja dari pembelian dengan demikian manfaat yang nyata, dan harus dimasukkan dalam pendapatan. Ini pada dasarnya adalah sebuah gagasan biaya kesempatan. Penghematan biaya merupakan bagian dari pendapatan, melainkan merupakan suatu ‘opportunity gain’, karena perusahaan membeli aset tersebut pada saat itu daripada di kemudian hari ketika harga lebih tinggi.”
Revsine berpendapat bahwa jenis dari gain ini mengharuskan perbandingan antara peristiwa yang terjadi dan peristiwa yang mungkin terjadi. Secara teoritis, jumlah yang tidak terbatas dari tindakan yang mungkin ada. Memilih satu untuk membandingkan dengan yang sebenarnya sulit untuk dipertahankan. Untuk melihat ini, Revsine meneruskan penjelasan yang lebih lengkap tentang penghematan biaya berikut:
“Sebuah penghematan biaya mengukur posisi keuntungan relatif perusahaan dari perusahaan lain dalam industri yang tidak beruntung untuk memegang aset yang diberikan ketika harga naik. Ketika perusahaan-perusahaan lain yang membeli aset, mereka akan melakukannya dengan harga yang lebih tinggi. Akibatnya, cash flow mereka akan melebihi cash flow keluar dari perusahaan yang mengalami penghematan biaya.”
Dengan demikian, argumen opportunity gain menyiratkan perbandingan perusahaan dengan perusahaan lainnya. Revsine menolak argumen opportunity gain, karena ia percaya bahwa perbandingan antar perusahaan melibatkan banyak masalah. Pembenaran lain yang dimasukkan dalam holding gains sebagai pendapatan adalah untuk mengatakan bahwa apresiasi nilai merupakan fenomena ekonomi aktual yang dapat direalisasikan jika perusahaan itu menjual aset. Namun, beberapa akuntan berpendapat bahwa perusahaan kebanyakan membeli aset untuk digunakan dalam operasinya, terlepas dari perubahan harga. Oleh karena itu, kemungkinan likuidasi aset adalah tidak realistis. Selain itu, pemikiran ini dianggap tidak sesuai dengan konsep current cost karena penekanannya pada nilai likuidasi atau exit value.
Revsine menyatakan komponen income berbasis likuidasi tidak sesuai dengan kebutuhan informasi investor, yang lebih menekankan ke laba dan dividen dari penjualan sahamnya, di mana hal ini berkaitan dengan penggunaan aset operasi, bukan likuidasinya. Revsine menyarankan bahwa masuknya holding gain dalam income memiliki alasan bahwa perubahan dalam current cost aset tertentu merefleksikan perubahan futurecash flow yang diharapkan dari penggunaan aset tersebut. Holding gains dikualifikasikan sebagai income karena harga meningkat akibat refleksi dari peningkatan kekuatan untuk memperoleh earning yang lebih besar. Jika pernyataan ini benar, maka angka pendapatan yang mencakup holding gain sangat relevan bagi pengguna yang mencoba untuk memprediksi future cash flows perusahaan.
Argumen Revsine menyiratkan bahwa current cost income adalah indikator utama future cash flows. Dasar teoritisnya adalah hubungan antara current cost income dan economic income. Economic income didefinisikan sebagai perbedaan present value dari net cash flow yang diperkiran perusahaan antara dua waktu yang berbeda, tidak termasuk tambahan investasi dan distribusi ke pemilik. Economic income dapat dibagi menjadi 2: distributable cash flow atau expected income dan unexpected income. Komponen-komponen ini didefinisikan sebagai:
expected income = Market rate of return x nilai awal aktiva bersih
unexpected income = sporadis kenaikan atau penurunan present value dari aktiva bersih akibat perubahan ekspektasi mengenai tingkat future cash flows
Expected income mengukur cash flow yang dapat dihasilkan perusahaan untuk masa depan yang terbatas. Sedangkan unexpected income mengukur perubahan cash flow karena faktor lingkungan yang tidak terantisipasi di awal periode. Dalam perekonomian yang bersaing sempurna, current cost income hampir identik dengan economic income. Current operating profit di bawah current cost adalah sama dengan komponen cash flow yang didistribusikan atau expected income. Holding gain yang langsung berhubungan dengan unexpected income.
Ketika persaingan sempurna tidak ada, current cost income adalah perkiraan economic income. Ketepatan peningktan pendekatan dengan kekuatan dan tanda (diasumsikan positif) dari hubungan antara harga aset dan future cash flow yang terkait. Kekuatan dan tanda hubungan adalah isu-isu empiris. Namun, FASB dalam Pernyataan 33 mengungkapkan keyakinan bahwa informasi current cost dapat berfungsi sebagai dasar untuk menilai future cash flow.
Holding gain termasuk sebagai bagian dari pendapatan yang mencerminkan pandangan financial capital. Setiap jumlah pada akhir periode yang melebihi jumlah yang diinvestasikan pada awal periode, tidak termasuk investasi tambahan oleh dan distribusi kepada pemilik, adalah pendapatan. Oleh karena itu, Holding gain adalah bagian dari pendapatan. Laba atas Investasi yang ditanamkan adalah jumlah uang yang melebihi dari jumlah yang diinvestasikan. Pendapatan merupakan pengembalian kas yang diharapkan atas investasi tunai.
LO 2: FINANCIAL CAPITAL VERSUS PHYSICAL CAPITAL
Penganut sistem akuntansi current-cost memiliki kesamaan dalam memandang konsep valuasi/penilaian menggunakan current market buying price/current cost (yakni aset dinilai dari nilai terkini/harga pasar).
Namun terdapat perbedaan pendapat mengenai bagaimana mendefinisikan capital (modal), dan bagaimana mengukur profit/loss (keuntungan/kerugian) dari perubahan (kenaikan/penurunan) atas capital tersebut. Dua pandangan dalam pokok ini adalah: konsep modal keuangan (financial capital) dan konsep modal fisik (physical capital).
I.      Perbedaan Financial dan Physical Capital
Perbedaan pandangan ini dari segi praktis terlihat pada pencantuman holding gain/loss pada profit.
a. Pencantuman holding gain/loss sebagai bagian dari profit
Financial capital view memasukkan holding gain/loss apabila terjadi perubahan harga pada aset, sedangkan physical capital view tidak mencantumkannya.
Contoh: Perusahaan dengan modal kas $1000 pada 1 Januari, membeli 100 unit barang dengan harga $10/unit, dari supplier untuk dijual kembali. Pada 31 Januari, semua unit barang tersebut terjual dengan harga masing-masing $18. Pada tanggal tersebut, harga unit barang dari supplier telah naik menjadi $12/unit. Diasumsikan bahwa profit dibagikan semua menjadi dividen.
Sales revenue ($18 x 100)   $1800
Cost of sales ($12 x 100)       1200
Current operating profit      600
Holding gain ($2 x 100)          200
Profit                           800
Paid as dividends                    800

Kenaikan $2 dari harga barang yang dibeli tanggal 1 Januari  dan 31 Januari ($10 menjadi $12 per unit) menjadi holding gain, karena telah terjadi cost saving yakni penghematan arus uang keluar. Pembelian barang dilakukan pada saat barang lebih murah daripada pembelian dilakukan terkemudian.
Profit menurut pandangan ini adalah $800, karena perusahaan telah mampu mempertahankan modal keuangannya (financial capital) yakni jumlah cash at hand, bila ditilik dari keadaan awal dan akhir periode:
Beginning amount of capital                                              $1000
Less Purchase of 100 units at $10 each           (1000)
Add Sale of 100 units at $18 each                     1800
Ending Balance of Capital                                    1800
Less Profit/paid as dividend                                               (800)
Financial capital to be maintained                    1000

b. Pencantuman mantain capital item
Mantain capital item dicantumkan pada physical capital view, sedangkan pada financial capital view tidak. Physical capital view melihat kemampuan operasional perusahaan tercermin pada modalnya yang tak lain adalah unit fisik yang dihasilkan.
Pada contoh di atas, profit yang dihasilkan dihitung dengan menghitung selisih lebih dari kemampuan perusahaan mempertahankan kemampuan operasionalnya untuk menghasilkan jumlah fisik unit.
Beginning capital                                                     $1000
Purchase of 100 units (outflow of cash)        - 1000
Sale of 100 units (outflow of cash)                  +1800
Needed at end to mantain capital                  
       (100 units x $12)                                               - 1200
Profit for January                                                        600
Paid as dividend                                                          600
Jumlah kemampuan menghasilkan unit fisik awal dan akhir harus sama, yakni 100 unit. Jika $200 (total kenaikan harga input dari $10 ke $12) menurut financial capital view adalah holding gain, menurut physical capital view ini adalah capital maintenance adjustment: jumlah yang diperlukan untuk menjaga kemampuan operasional perusahaan menghasilkan unit fisik yang sama pada awal dan akhir periode (100 unit) dengan perubahan harga terkini/current price ($10/unit ke $12/unit).
Jika yang diakui sebagai profit dan dibagikan sebagai dividen $800, maka modal yang tersisa adalah $1000 (1800-800). Modal ini hanya akan menghasilkan 83 unit (1000/12), sehingga keberlangsungan operasional modal takkan terjaga.
II.    Kritik atas Financial Capital dan Dukungan atas Physical Capital
a. Kritik Financial Capital
Holding gain dimasukkan dalam profit, karena diasumsikan merupakan:
-          cost saving
-          mencerminkan kenaikan future cashflow pada aset yang mengalami holding gain
Samuelson menilai bahwa holding gain bukan cost-saving, melainkan sunk-cost (biaya tenggelam). Holding gain adalah opportunity gain, dimana keuntungan terjadi karena mengambil satu keputusan (membeli aset lebih murah) daripada memilih yang lain (membeli aset lebih mahal di waktu terkemudian). Namun, pilihan yang lain tersebut hilang saat perusahaan memilih satu keputusan tersebut. Holding gain mendasarkan perhitungan keuntungannya atas perbandingan dengan pilihan lain, yang sudah tak ada lagi ini. Tentunya ini tidak masuk akal, karena keuntungan tersebut tidak realised (terealisasi) ataupun expected (dapat diharapkan akan muncul), melainkan forgone (telah lewat). Jika dipaksa masuk sebagai keuntungan, maka kasus lain misalnya pembelian aset yang lebih murah pada satu masa, ataupun meminjam saat bunga kredit lebih rendah, tentunya juga merupakan cost-saving.
Asumsi pada poin kedua adalah kenaikan pada current cost akan menaikkan net realisable value (nilai bersih yang dapat direalisasi) aset. Meski demikian, kenaikan expected cashflow (dari kenaikan current cost) tak bisa dihubungkan dengan non-current asset tertentu, karena cashflow berasal dari penjualan output perusahaan. Yang lebih tepat adalah pencerminan kenaikan expected cashflow dengan kenaikan nilai present value dari seluruh aset perusahaan.
Selain itu, kenaikan aset tertentu dalam satu industri tidak selalu berarti menggambarkan potensi kenaikan future cashflow dari setiap perusahaan dari industri lain yang menggunakan aset tersebut. Misalkan industri X mengalami kenaikan permintaan pesat yang membuatnya membutuhkan penggunaan non-current asset A yang lebih. Hal ini membuat harga non-current asset A naik. Kenaikan non-current asset A ini belum tentu mencerminkan kenaikan future sales dari industri Y yang juga menggunakan non-current asset Y.
b. Dukungan atas Physical Capital
Atas kesulitan yang dialami dalam pengakuan holding gain sebagai profit tersebut, Samuelson condong ke pandangan physical capital. Pandangan ini didasarkan pada teori alokasi sumber daya optimum (optimum resource allocation) dan pemerolehan tingkat pengembalian yang diperlukan dari input sumber daya (required rate of return on resource input). Penggunaan physical capital view dapat meningkatkan:
-          kebijakan manajemen aset fisik
-          penentuan output dan pengenaan harga penjualan
-          kebijakan dividen
-          status keberlangsungan usaha (going concern)
Pertimbangan harga terkini dari perbaikan dan pemeliharaan aset akan menjaga tingkat depresiasi dan harga penjualan kembali (resale price), sehingga aset takkan didepresiasi atau dijual kembali dengan nilai yang lebih rendah dari pasarannya sekarang.
Biaya yang relevan dalam mencapai output optimum dalam pasar yang kompetitif dimana perusahaan adalah penerima harga (price-taker) adalah harga terkini dari penyediaan produk (current cost of supplying product); sebaliknya ketika perusahaan memiliki kuasa pasar dan menjadi penentu harga (price-maker), biaya yang relevan adalah juga current cost of supplying product.
Dalam mendistribusikan keuntungan sebagai dividen, physycal capital dapat memberikan tingkat yang reasonable untuk menjaga operasional dan basis aset perusahaan sebagai reinvestasi yang menguntungkan.
Keberlangsungan usaha terkait erat dengan kemapuan perusahaan menghasilkan tingkat keuntungan yang normal dari investasi pemilik, dimana semua nilai diukur berdasarkan nilai terkini pasar dari sumber daya. Dengan penjagaan tingkat operasional perusahaan, basis aset akan terjamin untuk berputarnya roda bisnis perusahaan di masa mendatang.

III.  Kritik atas Physical Capital
Sterling menunjukkan keberterapan physical capital hanya jika kondisi ini terpenuhi:
-          penggunaan unit output identik
-          kenaikan harga biaya input
-          jual-beli dalam pasar berbeda
-          diinvestasi seluruhnya dalam unit fisik
Berikut adalah kasus dimana kondisi ini gagal terpenuhi.
a. Unit yang Berbeda
Perusahaan dengan $1000 pada 1 Januari membeli 100 kaos @10. Menjual seluruh kaos @$18 pada 31 Januari – ketika harga input kaos naik menjadi $20. Pada 1 Februari, perusahaan mengganti persediaan dengan 72 blus yang harga terkini @$25 – naik dari @$20 pada 1 Januari.
Possible Calculation
T-shirt
Blouse
Beginning Capital
1000
1000
Purchase
(100 x $10 [t-shirt]; 50 x $20 [blouse])
-1000
-1000
Sale (100 x $18)
+1800
+1800
Capital Maintenance [100 t-shirt, or 50 blouse]
-2000
-1250
Profit/Loss
(200)
550

Jika unit yang distok berbeda, maka terdapat dua kemungkinan perhitungan seperti terlihat pada tabel di atas. Manakah yang harus dipakai perusahaan, yang menghasilkan keuntungan atau kerugian? Physical cost tidak bisa menjawab pertanyaan ini.
b. Penurunan Harga Biaya Input
Kas 1 Januari $10.000, membeli 100 units @$100. Pada 31 Januari, harga biaya input jatuh menjadi $60/unit. Harga jual disesuaikan dari $160 ke $96 per unit. Semua barang terjual.

Decreasing cost
Constant cost
Revenue
9600
[100x$96]
16.000
[100x$160]
Cost of Sales
-6000
[100x$60]
-10.000
[100 x$100]
Profit
3600
6000
Perusahaan berhasil menjaga modal fisik. Akan tetapi investor mengalami kerugian potensi dividen yang dapat dibayarkan karena pengakuan keuntungan yang lebih kecil.
c. Pasar yang Sama
Pada 1 Januari, Perusahaan X memiliki $1000. Membeli 100 saham @$10. 31 Januari, menjual saham @$18. Pada 1 Januari, Perusahaan Y memiliki $1000. Membeli 100 saham @$10. 31 Januari, menjual saham @$18.

Company X
Company Y
Revenue
1800
[100x$18]
900
[100x$9]
Cost of Sales
1800
[100x$18]
900
[100x$9]
Profit
0
0
Kedua perusahaan sama-sama menjaga kemampuan fisiknya untuk dapat memiliki lagi 100 saham sesuai dengan harga masing-masing. Keduanya sama-sama melaporkan keuntungan $0, meskipun perusahaan X mengalami penurunan harga dan Y sebaliknya. Tentunya ini tidak masuk akal bagi investor yang bersangkutan.
d. Investasi Unit Fisik Parsial
1 Januari, kas awal $1000. Membeli 80 units @$10. Sisa kas $20 ditahan (dibiarkan sebagai kas saja). 31 Januari, menjual 80 units @$16 – harga input naik menjadi $12,5/unit.
Revenue (80x$16)
1280
Cost of Sales (80x$12,5)
1000
Profit (dividend)
280
Kas pada akhir periode adalah $1200 ($200 cash at hand + $1280 revenue – $280 dividend), yang hanya akan dapat mengganti 96 unit (1280/12,5).
Beginning capital                                                     $1000
Purchase of 80 units (80x$12,5)                        - 1000
Sale of 80 units (80x$16)                                      +1280
Profit (Dividend)                                                        -280
Hold as cash                                                                 200
Ending capital                                                             1200
Needed at end to mantain capital                  
       (100 units x $12,5)                                            - 1250
Deficit                                                                                50

Masalahnya terdapat pada holding cash (kas yang dibiarkan saja dan tak ditanamkan dalam unit fisik). Nilai $200 tersebut mengalami penurunan daya beli. Pada 1 Januari bila ditukar, maka akan mendapat 20 unit (20x$10), dan hanya akan mendapat 16 unit (16x$12,5) pada 31 Januari. Perusahaan mengalami defisit pemertahanan penggantian fisik output sebesar 4 unit (dari 20 menjadi 16 unit). Kerugian 4 unit ini (4x$12,5) terjadi karena tidak menginvestasikan keseluruhan kas pada unit fisik. Namun, holding loss ini takkan dilaporkan dalam physical capital – karena pandangan ini tak mengenal konsep holding gain/loss, melaikan capital physical mantainance.

LO 3: CURRENT COST DALAM PRAKTEK
1. Current Cost di Amerika Serikat
Pada tahun 1976, Securities Exchange Commission (SEC) telah mengubah Peraturan 3-17 dari Peraturan SX membutuhkan beberapa pendaftar untuk mengungkapkan data biaya penggantian tertentu dalam laporan 10-K, yang diajukan dengan SEC. Persyaratan ini diterbitkan dalam Accounting Series Release (ASR) 190. Data tambahan yang diperlukan hanya perusahaan yang persediaan dan aktiva produktif melebihi US $ 100 juta dan lebih dari 10% dari total aset.
Pada tahun 1979, FASB menerbitkan Statement 33 yang diperlukan dalam pengungkapan tambahan dolar konstan dan data current cost. Karena itu, SEC mengeluarkan ASR 271 pada tahun 1979, membatalkan ASR 190 yang mendukung Statement 33 aturan untuk laporan 10-K. Persyaratan untuk menyediakan data current cost bertemu dengan resistensi luar biasa dari perusahaan. Setelah banyak perdebatan tentang kegunaan dari informasi tambahan, FASB menerbitkan Statement 89 tahun 1986, membatalkan kebutuhan, tetapi perusahaan mendesak untuk terus mengungkapkan data.
Dalam Statement 33, FASB mewajibkan perusahaan mengungkapkan informasi mengenai:
Pendapatan dari operasi yang dilanjutkan dari current cost berdasarkan tahun fiskal berjalan, dengan menggunakan nominal dolar (unit skala dolar) current cost persediaan dan aset tetap pada akhir tahun fiskal berjalan, dengan menggunakan dolar nominal. Perubahan dalam current cost untuk tahun fiskal saat ini dari persediaan dan aktiva tetap, dengan menggunakan dasar dolar konstan.
Perubahan-perubahan dalam biaya tidak dimasukkan ke dalam pendapatan dari operasi yang dilanjutkan. Perusahaan juga harus mengungkapkan informasi berikut current cost secara nominal dolar untuk masing-masing 5 tahun terakhir:
a.       Pendapatan dari operasi yang dilanjutkan
b.      Laba per saham biasa dari operasi yang dilanjutkan
c.       Aktiva bersih pada akhir tahun fiskal
Perusahaan juga harus mengungkapkan perubahan dalam current cost persediaan dan aktiva tetap secara konstan dolar untuk setiap 5 tahun.
Statement 33 itu dimaksudkan untuk menjadi sebuah percobaan selama 5 tahun. Setelah mempertimbangkan bukti dan reaksi terhadap data tambahan, FASB, dalam Statement 82 yang dikeluarkan pada bulan November 1984, menghilangkan persyaratan untuk melaporkan biaya historis / informasi dolar konstan bagi perusahaan yang mengungkapkan informasi current cost.
FASB ragu-ragu apakah akan mendukung pandangan finansial capital atau pandangan Physical capital. Karena ini, memutuskan dalam Statement 33 untuk meminta perubahan current cost ‘kenaikan atau penurunan current cost’, daripada holding gain (atau losses) atau penyesuaian modal maintenance. Namun, mengklaim bahwa pendapatan dari operasi yang dilanjutkan berdasarkan current cost adalah panduan untuk menilai pemeliharaan kemampuan operasi perusahaan. Ini, tentu saja, adalah argumen Physical capital. FASB mencatat bahwa pendapatan dari operasi yang dilanjutkan tidak mengukur kemampuan operasi tepat. Namun, percaya bahwa angka tersebut memberikan perkiraan yang memadai.
FASB memperbolehkan perusahaan untuk menggunakan berbagai metode untuk menentukan current cost. Informasi harga dapat dikumpulkan dan diterapkan secara internal maupun eksternal dan untuk item tunggal atau kategori. Selanjutnya, current cost aset dapat diukur dengan 3 prosedur alternatif:
a.       Estimasi langsung dari harga pembelian aset pada usia yang sama dan kondisi sebagai aset yang dimiliki (misalnya menggunakan harga vendor ‘daftar atau kutipan lain atau perkiraan)
b.      Perkiraan harga pembelian aset baru yang mirip dikurangi penyisihan penyusutan (misalnya menggunakan indeks harga eksternal yang dihasilkan / internal dihasilkan untuk kelas barang atau jasa yang diukur)
c.       Perkiraan harga pembelian aset baru ditingkatkan dikurangi penyisihan untuk kerugian operasi aset yang dimiliki (biaya operasi yang lebih tinggi atau potensi output yang lebih rendah) dan penyisihan penyusutan.
2. Current cost in the United Kingdom
Pada tahun 1975 Komite Sandilands, yang didirikan oleh pemerintah Inggris, menyimpulkan bahwa laporan biaya historis, termasuk yang disesuaikan dengan perubahan tingkat harga umum, dimana kegunaannya terbatas. Ini menyatakan pendapat bahwa laporan tingkat harga umum yang disesuaikan adalah kompleks dan membingungkan bagi pengguna. Dalam mempertimbangkan kebutuhan informasi dari berbagai pengguna, memutuskan bahwa penilaian dari manfaat masa depan diperoleh dari aktiva bersih perusahaan adalah relevansi khusus bagi pengguna. Informasi untuk penilaian semacam paling dikomunikasikan oleh nilai aset yang didasarkan pada konsep ‘nilai bisnis’. Penekanannya adalah pada perusahaan bisnis sebagai entitas yang terpisah dari pemiliknya. Aset milik badan usaha. Mereka adalah sarana yang menghasilkan keuntungan dan mampu meneruskan usahanya. Kecuali kapasitas operasi dipertahankan, tidak ada keuntungan. Pandangan Physical capital mendasari akuntansi current cost di Inggris.
Komite percaya bahwa keuntungan dari harapan operasi mungkin dipertahankan tanpa batas. Holding gain mencerminkan kondisi ekonomi saat ini yang umumnya di luar kendali manajemen, dan mungkin diindikasikan pada aktivitas normal. Pendapat ini sesuai dengan pendapat yang diajukan oleh Revsine. Komite memutuskan bahwa holding gain harus diungkapkan tapi tidak termasuk dalam pendapatan.
Proposal oleh Komite Sandilands disahkan oleh pemerintah dan diterima secara substansi oleh profesi akuntansi yang diwakili oleh Accounting Standards Steering Commitee (sekarang disebut Accounting Standars Committee). Telah disepakati bahwa pelaksanaan harus diserahkan kepada profesi akuntansi. Oleh karena itu, Inflation Accounting Steering Group (IASG) ditetapkan pada awal tahun 1976. IASG ini menghasilkan sebuah draf eksposur (ED 18) pada akhir 1976 sebagai pedoman yang akan digunakan oleh perusahaan. Setelah banyak perdebatan, revisi dan eksperimen, Accounting Standards Committee (ASC) mengeluarkan Statement (SSAP 16) current cost accounting pada Maret 1980. Persyaratan SSAP 16 bisa diyakinkan oleh data biaya tambahan saat ditampilkan secara jelas, dari current cost untuk laporan utama dan biaya historis sebagai data tambahan. Standar ini diterapkan pada perusahaan yang terdaftar dan besar.
3. Current cost in Australia
Di Australia, profesi akuntan mengeluarkan DPS 1.1, Pernyataan Provisional Accounting Standards (PAS), ‘Current cost Accounting’, pada bulan Oktober 1976. Perubahan versi dari pernyataan (PAS 1) dan panduan bekerja diterbitkan pada bulan Agustus 1978. Sistem yang direkomendasikan dari current cost didasarkan pada pemeliharaan kapasitas operasi perusahaan yang utuh. Pada saat itu, hal ini juga dipertimbangkan sistem baru yang benar-benar akan menggantikan pernyataan konvensional sekali pengguna menjadi akrab dengannya. Namun, karena kritik, lobi oleh perusahaan dan individu, dan kurangnya efek material oleh standar profesional pada praktek. Standards Accounting Practice (SAP 1). ‘Current Cost Accounting’, diterbitkan pada bulan November 1983.
Pelepasan SAP 1 menandakan perubahan yang signifikan dalam haluan. Di Australia, perbedaan dibuat antara ‘Statement of Accounting Practice’ dan ‘Statement of Accounting Standards’. Statement praktek merekomendasikan, sedangkan standar requires, kepatuhan. SAP 1 ‘strongly’ merekomendasikan bahwa semua entitas menyajikan laporan tambahan current cost accounting selain laporan konvensional biaya historis keuangan. Atau, laporan current cost dapat disajikan sebagai laporan keuangan utama, benar-benar menggantikan laporan biaya historis, undang-undang yang relevan pelaporan disediakan tidak dilanggar.
Fitur – fitur Utama dari SAP 1
Kapasitas Operasi
Current cost pada sistem Australia didasarkan pada konsep entitas yang mempertahankan keutuhan kemampuan perusahaan untuk terus memberikan jumlah yang sama barang dan jasa-nya -ini kemampuan operasi. Jika tidak ada perubahan teknologi, pemeliharaan modal mensyaratkan bahwa stok fisik awal aktiva bersih dipertahankan. Hal ini dicapai dengan cara mencocokkan penggunaan sumber daya dengan menggunakan harga beli saat aktiva tetap, secara terus-menerus berubah. Dikatakan bahwa perusahaan harus menyesuaikan operasi untuk mengambil keuntungan dari perubahan terus-menerus dalam pasar faktor agar tetap kompetitif dan efisien. Logika ekonomi menunjukkan bahwa efisiensi operasional yang optimal terjadi dimana volume tertentu dari output diproduksi pada biaya pasar peluang minimum total contoh faktor input. Contohnya, jika biaya variabel (seperti upah) meningkat, metode intensif modal produksi maka akan lebih diminta untuk mengurangi input tenaga kerja dan meminimalkan biaya. Menggunakan biaya tetap sebagai contoh lagi, jika harga pasar tanah dan bangunan perusahaan meningkatkan mereka harus dimanfaatkan lebih intens dalam proses produksi, disewakan atau dijual dan operasi dipindahkan ke lokasi yang lebih murah. Membeli harga saat ini atau harga masuk adalah ukuran yang relevan dari biaya peluang di pasar faktor dan harus digunakan dalam sistem ini.
Prinsip Penilaian
Nonmoneter Item
Item moneter dan nonmoneter tunduk pada efek yang berbeda dan risiko selama inflasi. Item moneter adalah klaim ke sejumlah tetap dolar. Secara nominal tidak berubah selama inflasi harga. Sebaliknya, nilai item nonmoneter (seperti tanah dan bangunan) akan disesuaikan dengan kekuatan pasar dalam dolar nominal.
Untuk tujuan neraca, aset nonmoneter harus dihargai dan ditampilkan dengan biaya mereka saat ini. Nilai tersebut diperoleh dengan mengacu pada:
a.       Harga pasar saat pembelian
b.      Spesifik indeks di mana harga pasar tidak tersedia, atau potensi pelayanan item identik atau seperti untuk digantikan atau aset khusus.
c.       Untuk depresiasi aset, nilai baru dikurangi akumulasi penyusutan yang digunakan untuk menurunkan nilai aset tersebut.
Ketika aset nonmoneter disajikan kembali (biasanya pada tanggal neraca), penyesuaian dibuat untuk rekening Current Cost Reserve (Cadangan Biaya Lancar) pada bagian ekuitas di neraca. Namun, ketika penurunan nilai permanen mengurangi kemampuan operasi entitas, maka penyesuaian debit dibuat langsung ke Laba Rugi.
Monetary items and loan capital
Moneter item dan modal pinjaman Aktiva moneter disajikan dalam amouts di mana mereka awalnya dibawa ke rekening. Kewajiban moneter dinyatakan sebesar jumlah yang diharapkan akan dibayar. Item moneter harus dipecah menjadi 2 komponen yang berbeda. Komponen pertama didasarkan pada konsep entitas dan terdiri dari semua item moneter yang bukan modal pinjaman. Ini terutama merupakan hutang usaha dan debitur, uang tunai, pembayaran dan jangka pendek cerukan(penarikan cek yg melebihi jumlah uang di bank). Keuntungan pos moneter atau kerugian harus dihitung dengan indeks yang tepat dari perubahan current cost barang dan jasa. Sebagai contoh, sebuah perusahaan bangunan akan menerapkan indeks biaya konstruksi untuk item moneter yang membiayai input operasi (seperti hutang usaha dan debitur). Untuk badan pembiayaan seperti bank, indeks yang relevan akan menjadi indeks harga umum. Dimana apllication indeks input tertentu tidak praktis atau biaya yang efektif, penggunaan indeks harga umum direkomendasikan.
SAP 1 biaya sistem operasi saat ini didasarkan pada konsep entitas. Semua jangka panjang sumber keuangan, seperti pinjaman, surat utang dan obligasi (baik berharga dan nonmarketable), serta kontribusi pemegang saham dan cadangan, yang dianggap merupakan modal dasar perusahaan. Keuntungan dan kerugian modal pinjaman dihitung terutama untuk menilai sejauh mana para pemegang saham telah diuntungkan dari entitas telah menggunakan modal jangka panjang pinjaman untuk operasi dana. Karena ukuran ini berhubungan dengan pemegang saham-yang sah (milik) konsep-disarankan agar indeks harga umum digunakan untuk perhitungan. Selanjutnya, setiap kali perdagangan kreditur dan kewajiban moneter lainnya melebihi aktiva dan persediaan, kelebihannya akan digunakan untuk mendanai aset nonmoneter. Dalam hal ini selisih tersebut diperlakukan sebagai modal pinjaman dan keuntungan atas kelebihan ini diperlakukan dengan cara yang sama sebagai modal pinjaman.
Secara umum, SAP 1 merekomendasikan bahwa saldo rata-rata barang moneter digunakan untuk perhitungan. Namun, akurasi yang lebih besar akan dicapai dengan menghitung saldo pada interval lebih sering. Namun, perlu dicatat bahwa ‘biaya yang terlibat dalam membuat perhitungan akan jarang terjamin ‘.
Aset nonmoneter dibeli dan dijual di pasar yang sama
Saham dan komoditas berharga tertentu seperti emas, perak dan aset lainnya yang dimiliki sebagai aset spekulatif atau keuangan yang dibeli dan dijual di pasar yang sama. Aset ini tidak secara langsung menambah kemampuan operasi entitas. Aset juga tidak dikonsumsi atau digunakan selama proses render(pemberian) barang dan jasa. Aset biasanya diadakan untuk menghasilkan pendapatan atau tujuan untuk dijual kembali pada capital gain. Dalam kasus ini kemampuan operasi entitas ditingkatkan atau dikurangi dengan kemampuan reinvestasi aset. Kemampuan ini tetap tidak berubah dalam periode ketika harga pasar dari aset tertentu bergerak sejalan dengan inflasi umum. Namun, jika nilai aset meningkat pada tingkat yang lebih besar daripada inflasi umum, maka reinvestasi kemampuan atau kemampuan operasi dianggap ditingkatkan. Aset diperdebatkan dengan kenaikan harga, penyesuaian inflasi umum dikreditkan ke cadangan current cost dan keuntungan apapun, dan di atas inflasi, dikreditkan ke rekening Laba Rugi. Jika terjadi kerugian, maka entri yang terbalik.

LO 4: KRITIK TERHADAP CURRENT COST
Kritik akuntansi current cost terutama berasal dari 2 kubu yang berbeda: mereka yang mengikuti biaya historis dan mereka yang percaya akuntansi exit price.
Para pendukung Biaya Historis
Para pendukung akuntansi biaya historis menolak akuntansi biaya, terutama karena melanggar prinsip realisasi tradisional. Adapun yang menjadi perhatian mereka adalah  perusahaan bermaksud untuk menggunakan aset bukan menjualnya, jadi perubahan harga pasar tidaklah relevan. Sebuah aset tetap tidaklah memberi nilai lebih kepada perusahaan hanya karena current cost naik. Nilai aset tetap terletak pada potensi layanannya bukan nilai pasarnya. Dengan kata lain, current cost accounting mengantisipasi laba operasi.
Masalah terkait adalah subjektivitas dari menentukan jumlah kenaikan biaya. Jika tidak ada pasar barang bekas yang handal, maka dasar untuk menentukan current cost aset tetap yang digunakan oleh perusahaan harus berupa aset baru diharapkan untuk menggantikan yang lama. Gagasan current cost menyeru penyesuaian harus dibuat untuk setiap keuntungan operasi atau kerugian antara aset yang sebenarnya dimiliki dan penggantinya untuk sampai pada current cost yang sedia kala. Bukanlah tugas yang mudah untuk menghitung jumlah keuntungan atau kerugian operasi.
Para Pendukung Exit Price
Pendukung akuntansi exit price mengamati sejumlah kelemahan dalam current cost accounting. Pertama, mereka berpendapat bahwa istilah ‘cost’ menyiratkan opportunity cost atau pengorbanan untuk alternatif terbaik. Hampir dalam semua kasus, current sacrifice dihadapi oleh perusahaan yakni untuk menjual aset daripada menggunakannya, tetapi tidak untuk membelinya karena perusahaan telah memilikinya. Oleh karena itu, current cost, harga untuk membeli item, tidaklah relevan. Exit price atau nilai yang dapat direalisasi yang merupakan ekspresi logis dari biaya peluang.
Masalah alokasi yang dibawa untuk diterangkan oleh Thomas yang selanjutnya menjadi isu. Alih-alih mengalokasikan biaya historis, alokasi adalah current cost. Tapi itu masih berubah-ubah dan kurang pas di dunia nyata. Tambahan poin pada masalah adalah kebutuhan untuk Penyusutan backlog. Apakah penyusutan simpanan dibebankan ke pendapatan atau ke akun modal yang akan membuat perbedaan dalam jumlah penghasilan yang dilaporkan.
Lemke berpendapat bahwa peningkatan aset teknologi akan lebih mungkin mengganti aset yang ada, sehingga current operating profit, didasarkan pada modus produksi yang ada, akan menjadi prediksi yang lemah terhadap keuntungan masa depan. Ketika teknologi berubah, investor akan disesatkan oleh current operating profit sebagai dasar untuk memprediksi cash flow masa depan. Dalam banyak kasus, laporan keuangan akan mencerminkan harga pembelian saat ini dan beban penyusutan aset yang usang yang mana perusahaan tidak bermaksud melakukan pembelian. Keuntungan akan mewakili fasilitas yang ada yang tidak diharapkan untuk dilanjutkan.
Pendukung exit price bersikeras bahwa current cost accounting memerlukan masalah matematika yang aditif karena model yang dianjurkan untuk praktek melibatkan berbagai metode pengukuran. Chambers menjelaskan masalah ini sebagai berikut:
“… jumlah aset harus dari jenis yang sama dengan jumlah kewajiban. Mereka harus berupa uang atau setara jumlah uang dari aset non-money pada tanggal neraca. Setara uang aset non-money adalah nilai kas bersih dari aset pada tanggal neraca.”
Chambers menyatakan bahwa total berikut ini berarti:
Cash                                                                                      $1000
Some assets at present value                                       2000
some assets at present NRV                                         3000
some assets at current cost                                           2000
Total                                                                                      $8000
Alasannya adalah bahwa total harus mewakili berapa banyak uang yang tersedia atau dapat diakses oleh perusahaan untuk membayar utang, upah, dividen, pajak dll. Present value hanyalah sebuah hipotetis. NRV juga berarti hipotetis karena kemungkinan jumlah yang dapat merealisasikan biaya kurang dari disposisi yang mungkin timbul ketika penjualan yang dibuat. Current cost mengacu pada harga pembelian aset yang sudah menjadi milik perusahaan. Agar aditif, angka harus dari sifat yang sama atau dari domain yang sama.
Untuk alasan yang sama, Chambers menetang penggunaan indeks harga spesifik. Sebuah indeks harga hanya rata-rata harga. Hal ini tidak mungkin, kecuali secara kebetulan, bahwa sebuah perusahaan tertentu dipengaruhi oleh perubahan harga dengan cara yang sama pada setiap perusahaan lain. Dan jika aset tidak bisa lagi dibeli, itu tidak masuk akal untuk menghitung indeks biaya ‘seolah-olah’ harga ‘akan’ berubah ke tujuan yang sama dan pada tingkat yang sama seperti beberapa seri nomor indeks. Akhirnya, Chambers menyatakan bahwa gagasan nilai bagi bisnis menghadap sejumlah alasan lain untuk nilai. Aset berharga bagi pebisnis untuk:
1.       Penggunaan yang dapat dibuat oleh mereka
2.       Peminjaman yang didasarkan pada mereka
3.       Kas yang dapat mereka hasilkan
4.       Pagar potensial terhadap inflasi dalam kasus aset nonmoneter.
Pendukung exit price accounting mempercayai bahwa informasi current cost secara umum tidak relevan dengan kebanyakan keputusan investasi karena itu tidak fokus pada kemampuan perusahaan untuk mengendalikan sumber daya financial dalam misi perusahaan untuk mengadaptasi diri dengan lingkungan.

LO 5: PENDUKUNG CURRENT COST
Prinsip Recognition
Pendukung dari historical cost berpendapat current cost accounting melanggar prinsip konvensional dalam mengakui gain pada pelepasan dari sebuah aset non moneter. Hal ini benar untuk unrealized holding gains, ketika sebuah pandangan modal financial diambil. Pendukung dari current cost mengabaikan unrealized holding gains yang menyajikan fenomena aktual ekonomi yang terjadi pada periode yang berlangsung, jadi seharusnya dapat diakui. Kemudian bukti objektif yang cukup dapat diperoleh untuk mendukung perubahan harga. Pendukung ini juga berpendapat bahwa perubahan dalam harga pasar aset tetap tidak relevan, karena perusahaan bermaksud untuk menggunakan aset, tidak menjualnya. Pendukung current cost akan berpendapat bahwa apakah perusahaan berniat untuk menggunakan atau menjual aktiva tetap tidak berhubungan. Apa yang relevan adalah bahwa harga aset telah berubah. Penentuan pendapatan periodik harus didasarkan pada apa yang sebenarnya terjadi dalam periode berjalan, bukan pada apa yang mungkin terjadi yaitu, pada niat perusahaan.

Objectivitas dari Current Cost
Pendukung dari historical cost mengatakan bahwa kelemahan utama dari current cost accounting adalah subjektivitas. Objektivitas adalah hal yang relatif, ada beberapa figur dimana hari ini lebih objektif dari yang lain. Berkaitan dengan diri akuntan, keputusan akuntan berpengaruh kepada objektivitas suatu transaksi. Banyak akuntan menemukan ruang gerak dari current cost dalam area tertentu yang mengganggu. Jadi mungkin saja ada hambatan dan keterbatasan yang mungkin terjadi. Pertanyaannya, apakah current cost, pada umumnya, mencapai tingkat minimum tertentu objektivitas bahwa profesi akuntansi bersedia menerima. Sebagai contoh, akuntan tidak tampak tertekan dengan menggunakan harga pasar dalam metode yang lebih rendah dari biaya atau pasar untuk investasi pada efek ekuitas. Salah satu alasannya adalah karena standarisasi prosedur. Hal lainnya adalah tersedianya harga pasar yang berlaku.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk item yang harga pasar relatif mudah didapat, objektivitas current cost mereka akan diterima oleh akuntan. Persediaan bahan baku dan barang jadi yang dibeli dari orang lain akan jatuh ke dalam kategori ini. Bahkan, current cost persediaan lebih objektif, dalam arti dispersi kurang, dibandingkan dengan biaya historis ditentukan atas dasar aliran yang diasumsikan, seperti LIFO atau FIFO. Bagi kebanyakan perusahaan besar, di dalamnya hampir mustahil untuk menghitung aliran biaya aktual historis barang. Karena kesulitan ini, aliran diasumsikan untuk tujuan akuntansi digunakan yang mungkin tidak memiliki korespondensi dengan aliran fisik yang sebenarnya. Sebaliknya, akuntansi biaya saat ini menuntut bahwa persediaan akan berakhir harga pada biaya yang berlaku pada tanggal neraca, dan biaya penjualan dinyatakan pada current cost pada saat barang dijual. Memastikan biaya saat aktiva tetap melibatkan beberapa masalah yang kompleks. Untuk aset standar, namun, seperti kendaraan dan peralatan kantor, current cost dapat diperoleh dari dealer bekas dengan sedikit kesulitan. Bahkan untuk jenis aktiva tetap, current cost lebih mudah diakses dari banyak orang percaya. Revsine menyatakan:
“Pasar aset yang digunakan secara mengejutkan juga dikembangkan untuk berbagai jenis peralatan industri dan mesin. Sejumlah dealer baik yang terorganisir pasar informal yang ada untuk berbagai komponen manufaktur tujuan umum dan untuk item yang lebih khusus banyak di mana permintaan yang cukup akan tersedia dengan mengacu pada digunakannya daftar peralatan dealer harga dan sumber yang sama.”
Untuk aset tetap dimana tidak ada harga pasar yang tersedia, penilaian, perhitungan biaya reproduksi dan penggunaan angka indeks akan diperlukan. Metode ini memerlukan kesepakatan penghakiman. Banyak akuntan menemukan lintang current cost di bidang tertentu mengganggu. Namun, memaksakan kendala dan batas penerimaan adalah mungkin. Karena informasi current cost biasanya diperlukan hanya sebagai data tambahan dan tidak diaudit. Profesi belum membahas prosedur yang ditentukan untuk penentuan dari current cost.
Perubahan Teknologi
Berdasarkan pendapat Edwards dan Bell, current operating profit adalah sebuah indikasi dimana perusahaan memiliki kontribusi jangka panjang positif untuk ekonomi dan proses produksi dalam perusahaaan sudah efektif. Jika keuntungan adalah lebih dari bunga yang bisa saja diperoleh dari aktiva bersih pada current cost, proses produksi yang ada bernilai berkelanjutan. Laba operasional saat ini ditentukan berdasar physical capital maintenance, sehingga mewakili profitabilitas perusahaan dalam menghasilkan laba jangka panjang dengan proses produksi yang ada, dengan asumsi bahwa kondisi yang ada tetap relatif sama.
Edwards and Bell percaya walaupun kondisi berubah, ada kemungkinan dimana proses produksi dapat menghasilkan laba yang lebih besar dari alternative proses bila perubahan dipengaruhi factor eksternal karena mereka akan mempengaruhi semua proses dalam hal yang serupa. Sebuah alternatif mode produksi seharusnya diadaptasi jika hanya jika memberikan profitabilitas yang diharapkan lebih tinggi dari yang telah ada sebelumnya. Current cost adalah sebuah pengukur dari biaya atas jasa berkaitan dengan aset aktual yang dimiliki oleh perusahaan. Bila lebih baru tapi aset yang serupa dipakai dalam dasar menentukan current cost, maka nilai dari aset lain juga harus disesuaikan untuk apa saja keuntungan atau kerugian operasi, yang dibandingkan dengan aset yang dimiliki untuk memperoleh current cost. Lemke dan lainnya berpendapat pemakaian current cost dari aset yang ada ketika ada pengembangan model yang terjadi dengan mengabaikan pengaruh dari perubahan teknologi dalam prospek dan operasi dalam perusahaan.
Revsine percaya bahwa ini adalah posisi yang dipertahankan, karena menghasilkan ukuran akuntansi berdasarkan pada tindakan yang belum diambil oleh perusahaan adalah penuh dengan kesulitan. Ini akan memerlukan membuat perkiraan tentang keputusan investasi. Membatasi ukuran akuntansi terhadap konsekuensi dari apa yang perusahaan telah benar-benar mengadopsi sesuai dengan peran konvensional dari informasi akuntansi.
Revsine berpendapat asersi ini tidak benar. Ketika sebuah mesin baru mengubah biaya produksi, harga dari mesin yang lama harus di sesuaikan. Hal ini dipengaruhi crosselasticity dari permintaan antara mesin lama dan mesin baru, mengasumsikan sebuah pasar yang memiliki halangan minim. Sekali penyesuaian dilakukan, harga dari aset lama akan merefleksikan perubahan teknologi.
Current Cost Versus Exit Price
Edward dan Bell percaya bahwa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut sangat penting yang menentukan apakah akan menggunakan current cost atau exit price: Di tahap mana dari siklus operasi harus menggunakan exit price (misalnya, NRV) mendominasi penilaian aset? Mereka menyimpulkan sebuah entry price, current cost, adalah metode normal dari penilaian dengan alasan-alasan sebagai berikut.
Penggunaan exit prices mengarah kepada revaluasi yang ganjil dalam akuisisi, karena biaya transportasi, biaya instalasi, dan biaya pelepasan dan akses tidak sempurna kepada pasar. Secara cepat setelah pembelian dari mesin baru, nilainya biasanya jatuh daripada biaya akuisisi.
Penggunaan exit prices menyatakan secara tidak langsung pendekatan jangka pendek dari bisnis operasi dimana ada nilai pelepasan dan likudasi. Sebuah laba positif dalam exit price accounting mengindikasikan kepantasan sebuah bisnis untuk berjalan dalam jangka pendek, bukan kepatutan dalam mengganti aset dan input dan menjalankan bisnis dalam jangka panjang. Penggunaan exit prices untuk persediaan barang jadi mengarahkan antisipasi dari laba operasi sebelum titik penjualan karena persediaan itu dinilai melebihi current cost.
LO 6: STUDI EMPIRIS
1.       Australia
Sebuah studi empiris dari Barton menunjukkan bahwa selama tahun 1970, apa yang terjadi di dunia bisnis saat itu berkorelasi dengan laba dari current cost. Barton menginterpretasikan hasil ini sebagai penunjang gagasan bahwa laba yang dibuat dari metode current cost dan rasio keuangan yang terderivasi menghasilkan kualitas data finansial yang lebih tinggi dan merupakan metode akuntansi yang sangat relevan untuk menghasilkan umpan balik dalam penilaian sahan dan keadaan umum dalam ekonomi.
Sebaliknya, Ferguson dan Wines tidak setuju dengan studi dari Barton. Mereka telah megadakan survey data dari sebuah pertanyaan empiris tentang seberapa banyak firma yang menggunakan data current cost dalam menyiapkan laporan keuangannya. Hasil dari survey tersebut adalah kebanyakan perusahaan yang disurvei, sebanyak 94% dari perusahaan yang disurvei, menyatakan bahwa mereka tidak berkeinginan menggunakan metode akuntansi current cost. Selain itu, sebanyak 48% responden menyatakan bahwa keuntungan menggunakan metode tersebut tidaklah signifikan dan sebanyak 32,2% responden menyatakan bahwa metode akuntansi current cost tidak memberikan sebuah refleksi yang realistik dan akurat dari sebuah performa keuangan dan posisi dari sebuah perusahaan. Alasan lain yang diberikan adalah penerapan metode ini sangatlah mahal, perusahaan tidak secara material terkena efek dari inflasi, dan akuntansi inflasi sama sekali tidak terpikirkan.
2.       Amerika Serikat
Menggunakan simulasi model komputer, sebuah tim riset dari Universitas Texas memeriksa perbedaan dari akuntansi biaya historis dan perubahan harga. Hasil dari simulasi tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Pengukuran performa dari nilai sekarang setidaknya hampir sama dengan biaya historis sebagai sebuah prediksi dari arus kas operasi tahun berikutnya di hampir semua kondisi yang diperiksa. Performa nilai sekarang lebih baik daripada biaya historis di hampir dari semua situasi.
b.      Dividen yang dibayar melebihi laba yang dihasilkan dari metode current cost melewati spektrum yang luas dari kondisi inflasi.
c.       Kegagalan akuntansi biaya historis dalam menyetel untuk beradaptasi terhadap inflasi menyebabkan perbedaan dramatis antara biaya historis dan nilai sekarang (seperti contoh return on equity)
Dickerson menginvestigasi kemampuan dalam mengimplementasikan prosedur dalam metode akuntansi current cost dalam sebuah sebuah firma aktual.  Hasil dari investigasi tersebut adalah  implementasi dari metode akuntansi current cost membutuhkan biaya yang kecil dari sebuah perusahaan. Tentu saja investigasi dari Dickerson ini bergantung pada ukuran firma yang menggunakan metode tersebut.
Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Louis Harris dan rekan, 61% dari respondennya  percaya bahwa jika inflasi terus berkelanjutan, metode akuntansi current cost akan semakin menggeser metode biaya historis. Survei tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan firma telah menggunakan metode akuntansi current cost dalam pengambilan keputusan manajerial. Bagaimanapun juga, studi tersebut dilakukan ketika inflasi berada pada level tertinggi dan metode current cost dilihat untuk menyediakan informasi yang benar-benar berbeda dan lebih merefleksikan dampak dari inflasi daripada informasi yang disediakan oleh metode biaya historis.
Sebaliknya, kebanyakan studi empiris yang dilakukan oleh kebanyakan orang menghasilkan hasil yang berbeda. Ro mengadakan sebuah studi empiris untuk memeriksa apakah biaya untuk memenuhi ASR 190 adalah signifikan atau tidak. Dalam studinya, Ro menyimpulkan bahwa data ASR 190 tidak menyediakan informasi yang baru untuk peserta pasar modal. Beaver, Christie, and Griffin juga memiliki kesimpulan yang sama ketika mereka memeriksa perilaku biaya sekuritas di lebih dari 533 firma.
Beaver dan Landsman dalam studinya dalam memeriksa kemampuan dari Pernyataan no. 33 dari FASB untuk menjelaskan perubahan harga saham jika dibandingkan dengan metode biaya historis. Mereka menyimpulkan bahwa data yang dimaksud tidak memberikan informasi tambahan dari yang sudah disuplai oleh metode biaya historis. Garsomke menyurvei reaksi-reaksi dari 244 CFO dan menemukan bahwa garis pedoman  dari ASR 190 kurang lengkap.
Bublitz, Frecka, dan McKeown menilai variable laba yang dihasilkan oleh ASR 190 dan Pernyataan No. 33. Mereka menemukan bahwa penyingkapan yang dihasilkan oleh ASR 190 menyediakan kekuatan penjelas yang tidak signifikan daripada metode biaya historis.
Setelah melihat kembali dampak yang dihasilkan dari Pernyataan no. 33, FASB dalam Pernyataan no. 89 memutuskan untuk tidak melanjutkan pemenuhan data-data suplemen dari metode current cost.


3.       Selandia Baru
Duncan dan Moore mengetes pernyataan dari beberapa direktur perusahaan di Selandia Baru yang menyatakan bahwa informasi biaya tidak terlalu berguna dalam pengambilan keputusan manajerial. Mereka lalu menemukan bahwa current cost menghasilkan rangking yang berbeda dan lebih baik dan prediksi rate-of-return yang lebih akurat. Mereka juga menyimpulkan bahwa metode akuntasi current cost menyediakan informasi yang lebih relevan yang mana dipercaya sebagai data yang lebih akurat daripada metode akuntansi biaya historis.
Wong juga menginvestigasi mengapa kebanyakan perusahaan di Selandia Baru secara sukarela merubah metode akuntasinya ke current cost. Ia menemukan fakta bahwa keadaan itu dibuat untuk tujuan perpajakan. Studi empiris Wong menghasilkan bahwa insentif perpajakan memotivasi sukarelawan, yang mana adalah perusahaan-perusahaan di Selandia Baru, untuk menggunakan metode current cost.
4.       Inggris Raya
Peasnell, Skerratt dan Ward menginvestigasi dampak dari eksperimen standar current cost (SSAP 16) dalam share returns di bursa efek London. Mereka menemukan bahwa sinyalemen dari current cost memiliki dampak yang kecil namun cukup signifikan dalam share returns dalam hari-hari pengumuman mereka saat mereka beralih ke current cost. Bagaimanapun juga, studi tersebut juga menyimpulkan bahwa informasi pada metode ini tidak memberikan dampak yang cukup dalam pengembalian jangka panjang.
Thompson dan Watson mengetes konten informasi dari data current cost dengan menganalisis keputusan dividen yang diambil oleh manajemen. Mereka menemukan bahwa laba yang dihasilkan oleh biaya historis lebih memberikan penjelasan yang cukup dalam penjelasan dalam perubahan atas dividen. Lebih jauh, tidak ada bukti yang cukup menggiurkan bahwa perubahan ke metode current cost memberikan dampak yang signifikan dalam keputusan pembagian dividen.
5.       Kesimpulan
Kebanyakan dari studi empiris yang dilakukan berkesimpulan bahwa kebanyakan pengguna tidak menemukan data tambahan pada metode current cost sebagai sesuatu yang berguna. Riset lain juga menunjukkan bahwa metode current cost tidak memberikan nilai yang relevan untuk harga saham.
Watt dan Zimmerman menawarkan empat interpretasi alternatif yang bisa digambarkan dari riset-riset tersebut yaitu:
a.       Data pada current cost tidak mengandung informasi apapun karena tidak relevan dalam penilaian harga sekuritas dan pasar modal memiliki sumber data yang lain mengenai current cost.
b.      Data current cost mengandung informasi namun informasi tersebut tidak secara efisien bagi perusahaan dalam hal penyingkapan data.
c.       Data current cost mewakili divergensi yang signifikan daripada informasi yang dihasilkan oleh biaya historis dan peserta pasar modal belum mempelajari untuk mengevaluasi atau memproses data tersebut.
d.      Studi empiris yang menggunakan metode statistic tidak cukup kuat untuk menunjukkan sebuah efek informasi

Sumber: Accounting Theory 6th Edition, Jayne Godfrey dkk.

7 komentar:

  1. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  2. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 2%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 2 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com
    dangotegrouploan.wordpress.com

    BalasHapus
  3. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  4. Salam pembuka,

    Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan swasta dan perorangan. Anda dapat menemukan beberapa informasi penting tentang pinjaman yang kami tawarkan di bawah ini. Dalam mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami, ada beberapa informasi yang perlu kami sampaikan kepada Anda sebelum kami dapat melanjutkan ke proses aplikasi.

    TINGKAT BUNGA: Dalam pinjaman yang kami tawarkan, kami mengenakan suku bunga 2%.

    JUMLAH DIBERIKAN: Kami Memberikan Jumlah Minimum $ 5.000,00 hingga Maksimal $ 500.000.000.

    Catatan: Untuk Pemohon Indonesia, kami memberikan jumlah pinjaman minimum JUTA IDR30

    KEBUTUHAN INFORMASI: Mengenai informasi yang diperlukan, Anda harus mengisi aplikasi yang berisi informasi pribadi Anda dan juga informasi pinjaman, ini akan membantu kami memberikan dokumentasi lengkap tentang persyaratan pinjaman dan kontrak perjanjian yang akan ditandatangani dan kirim kembali ke perusahaan untuk persetujuan jika puas.

    Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami Via:

    loancompanyfadilaht@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  7. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus