Kamis, 03 Januari 2013

BERIKAN KAIL AGAR BISA MENGHASILKAN IKAN YANG LEBIH BANYAK



Sejauh yang saya ketahui, program bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada warga desa yang ada di Indonesia kebanyakan berupa pemberian uang tunai atau bahan makanan. Padahal, menurut pendapat Saya pribadi, alangkah lebih baiknya jika bantuan yang diberikan adalah berupa “Pemberian Kail bukan ikan, karena dengan kail tersebut dapat menghasilkan ikan yang lebih banyak lagi”
Berdasarkan hal tersebut, terbersit dalam pikiran pribadi Saya untuk membentuk sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membangun desa-desa yang ada disekitar kita, ataupun desa dimana kita dilahirkan, atau lebih luas lagi desa-desa di seluruh Indonesia.
Nantinya program-program yang diberikan untuk membangun Desa tersebut berpedoman pada prinsip ekonomi yaitu dengan “pengeluaran yang sekecil-kecilnya dapat menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya”.
Program-program yang menurut Saya dapat dilakukan antara lain ;
a.     Pertama, dengan memberikan 1 pasang hewan ternak untuk masing-masing kepala Keluarga secara gratis. Nah, untuk jenis binatang yang diberikan disesuaikan dengan kondisi lingkungan di Desa tersebut, terutama faktor pangan yang melimpah yang ada di desa tersebut.
Misalnya ;
-     kebetulan Saya berasal dari Kebumen, nah di kebumen masih banyak rumput-rumput, ilalang-ilalang, ataupun pohon-pohon yang bisa sebagai pakan kambing, atau sapi. Nah, menurut Kami, disana cocok jika dijadikan tempat untuk ternak Kambing. Jadi warga tidak perlu bingun untuk member makan ternaknya, cukup dengan mencari rumput secara gratis di sungai-sungai atau di kebun-kebun.
-        Kebanyakan warga di desa-desa di Kebumen masih memiliki pekarangan baik di halaman rumah atau di belakang rumah yang belum produktif. Nah, hal tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk beternak ikan. Untuk di Kebumen cocok sebagai tempat ternak lele, karena disitu masih banyak lumut-lumut dan enceng gondok sebagai bahan makanan alternatif untuk lele.
Jadi, dengan memberikan 1 pasang binatang ternak, atau bibit ikan, kita bisa memberi penghidupan kepada warga-warga desa yang ada di sana. Dengan hasil ternak tersebut, mereka bisa menyekolahkan anak cucu mereka.
Tidak hanya itu, kita sebagai penyumbang dapat memberikan ilmu-ilmu atau pengetahuan tentang cara-cara beternak yang baik dan lebih produktif, sehingga warga tidak sembarangan beternak namun menggunakan tehnik-tehnik beternak yang produkif.
b.      Kedua, dengan memberikan kursus-kursus gratis kepada Warga desa.
Misalnya :
-    Dengan memberikan kursus menjahit bagi ibu-ibu rumah tangga ataupun kepada semua yang berminat. Jika dananya terjangkau, kita dapat mendirikan alat jahit, atau tempat menjahit sebagai tempat kerja bagi mereka.
-     Dengan memberikan kursus menyablon secara gratis. Nah, nantinya diharapkan mereka dapat membuka praktek sablon untuk penghidupan mereka.
c.   Ketiga, yaitu seperti program Indonesia Mengajar, yaitu dengan mengajar anak-anak yang kurang beruntung yang ada di pedesaan.

      Jadi program ini nantinya memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk siapapun yang mau menyumbang dalam bentuk apapun, baik uang, barang, ataupun ilmu pengetuan yang dapat meningkatkan produktifitas warga.Jumlah sumbanganpun berdasarkan kemampuan kita, karena nanti akan di akumulasi dengan dana-dana lain. Nah jika sudah terkumpul banyak, nanti di diskusikan untuk jenis sumbangan yang akan diberikan ( apakah hewan ternak, atau alat-alat produktif )
      Ini baru pendapat pribadi Saya, jika ada Saudara-saudara yang memiliki pendapat yang lebih baik dan lebih dahsyat ayo disampaikan.
      Jika nantinya banyak yang berminat, maka mari kita sama-sama membentuk Organisasi tersebut, dengan struktur organisasi berdasarkan hasil musyawarah bersama.
     Saya menulis dengan tema ini bukan untuk menggalang dana untuk keperluan pribadi, melainkan Insya allah untuk keperluan kesejahteraan Saudara-saudara kita. Maka Kami butuh usulan yang membangun dari Saudara-saudara sekalian untuk didiskusikan bersama. Insya Allah apa yang akan kita kerjakan ini akan membawa manfaat di Dunia dan di Akherat. 
       Bagaimana??
Jika ada yang mau berdiskusi, atau ada yang punya usulan, ayo langsung kita bahas bareng-bareng…

      “ Sebaik-baiknya orang adalah yang dapat memberi manfaat bagi orang lain “

6 komentar:

  1. Mending berikan duit yang banyak...
    http://gombongmotorcommunity.com/jupiter-z1/

    BalasHapus
  2. hehe..nek uang biasane langsung habis,,tapi nek misal uangnya nanti direncanakan untuk sesuatu hal yang produktif bisa dipertimbangkan...mantap usulannya..ditampung dulu ya,,hehe

    BalasHapus
  3. salah tu yu, minimal ya kail sama umpannya lah..
    masa cuman kailnya doank, ya ga dapet ikan lah...
    tapi malah lebih baik lagi ajarin aja cara menjaringyang baik dan benar supaya bisa dapet ikan lebih banyak, hahaha

    BalasHapus
  4. awang alas A1g12...itu hanya isitlah aja wang,,hehe..gak sekalian endrim and potas sekalian?hehe..bercanda...belajar mancing dulu, ntar kalau dah bisa baru belajar njaring wang,,hehe

    BalasHapus
  5. astaghfirulloh..
    kalo endrim ma potas tu bisa mencemari dan merusak lingkungan dek bayu...
    dosa, pamalih...

    BalasHapus
  6. hehe..glewaean wang..berarti mas awang setuju nih?

    BalasHapus