Minggu, 12 Mei 2013

TANPA DISADARI, PERKEMBANGAN JEJARING SOSIAL MENINGKATKAN JIWA ENTERPRENEUR PENDUDUK INDONESIA


Akhir-akhir ini seiring dengan berkembangnya tehnologi informasi di Indonesia, banyak bermunculan jejaring sosial di dunia maya yang memiliki banyak pengguna atau anggota mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Contoh jejaring sosial yang populer di masyarakat Indonesia antara lain Facebook, Kaskus, Whatsup, Blog, Blackbery, dsb.

Lewat jejaring sosial tersebut, seseorang bisa dengan mudah berinterkasi dengan siapa saja tanpa melihat lokasi ataupun waktu. Cukup dengan memposting atau mengupload pesan, gambar, video, atau apapun yang dia inginkan di account jejaring sosialnya, semua orang yang mengunjungi jejaring tersebut dapat melihat dan mengomentari sesuatu yang diupload tersebut.

Bahkan, tidak jarang ketika seseorang memposting atau mengupload sebuah gambar, ada pengunjung lain yang tertarik dengan gambar tersebut dan berusaha untuk membelinya. Dan disitulah terjadi proses jual beli.

Hal itulah yang akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan oleh pengguna jejaring sosial di Indonesia sebagai tempat untuk menjual barang dagangan melaui media online (e-commerece).

Tidak perlu membuka toko atau warung, tidak perlu bermodal besar, dan tidak perlu ijin instansi tertentu, seseorang dapat menawarkan apapun yang dia inginkan di jejaring sosial tersebut.

Lewat jejaring sosial tersebut, pembeli juga mendapat kemudahan yaitu tidak perlu datang ke lokasi dimana penjual berada untuk memilih barang yang hendak dibeli, sehingga lebih hemat dan praktis.

Karena kemudahan dan banyaknya jumlah pengunjung itulah, dapat kita katakan bahwa jejaring sosial sebagai pangsa pasar yang besar dan menjanjikan. Dan akan disayangkan jika hal ini tidak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mencoba berwirausaha dengan media tersebut.

Sekarang orang di Indonesia sudah berbondong-bondong mengunjungi dan menggunakan jejaring sosial tersebut. Dan sebagian besar penggunanya yang awalnya tidak tertarik dengan jual beli, sekarang tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menjual barang dagangannya.

Luar biasa, tanpa disadari ternyata makin meningkatnya pengguna jejaring sosial, meningkat pula jumlah wirausahawan di Indonesia. Jika trend positif ini terus meningkat, saya yakin akan terus bermunculan enterpreneur-enterpreneur baru yang dapat mengubah Indonesia menjadi lebih baik

By : Bayu Dwi Nurcahyo
Email : bdwinurcahyo@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar