Rabu, 06 Maret 2013

Pemain Naturalisasi, main demi Indonesia atau demi uang??

Ingat Piala ASIA tahun 2007?

Salah satu tuan rumah Piala Asia tahun 2007 adalah Indonesia. Ingat sekali waktu itu Stadion yang digunakan untuk laga yang di laksanakan di Indonesia adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Dibawah ini adalah foto pemain yang membela timnas saat perhelatan piala ASIA 2007 tersebut  :

















Menurut saya ini adalah susunan pemain timnas terbaik yang pernah ada..

Pada saat pertandingan perdana, waktu itu Indonesia harus berhadapan dengan Bahrain. Saya masih ingat, waktu itu jumlah penonton yang hadir di Stadion GBK kurang begitu banyak, mungkin karena penggemar sepakbola Indonesia sangat pesimis dengan kekuatan Timnas sehingga mereka enggan capek-capek datang ke stadion hanya untuk menyaksikan kekalah timnas Indonesia.

Namun hari itu juga kejutan datang, semua rakyat Indonesia yang awalnya pesimis langsung kagum dan langsung hanyut dalam euforia kemenangan. Seketika itu juga rasa nasionalisme kita seolah-olah langsung meningkat. Kebanggaan atas timnas dan negara Indonesia langsung tinggi, karena tidak diduga-duga, goal Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas mengantarkan Indonesia menang atas Bahrain dengan skor 2-1.

Seketika itu juga antrian untuk mendapatkan tiket laga ke dua timnas langsung membungbung tinggi. Orang-orang dari seluruh penjuru tanah air berbondong-bondong berebut kesempatan untuk dapat menyaksikan secara langsung kerja keras dan perjuangan para punggawa timnas waktu itu. 

Walaupun di laga kedua timnas Indonesia kalah oleh Arab Saudi dengan skor 2-1, namun rasa bangga atas timnas masih membara dan akan terus membara selama-lamanya. Dan mulai sejak itulah, hampir setiap pertandingan sepak bola yang dilaksanakan oleh timnas, semua orang Indonesia berebut untuk mendapatkan tiket, agar bisa memberikan semangat berjuang kepada punggawa-punggawa timnas kita, karena rakyat Indonesia yakin bahwa timnas kita yang merupakan putra terbaik bangsa memiliki kemampuan yang setara dengan pemain-pemain di dunia.

Yang menjadi pertanyaan dalam benak kita adalah, kok bisa ya permainan timnas Indonesia waktu piala Asian 2007 sangat hebat, tidak seperti permainan-permainan yang mereka suguhkan sebelumnya. Seolah-olah kemampuan yang mereka melebihi batas maksimnal mereka. Apakah karena rasa nasionalisme?

Saya yakin itu karena rasa nasionalisme mereka. Rasa nasionalisme memberikan kekuatan tersendiri, sehingga mereka ingin sekali menunjukkan kepada bangsa dan negara bahwa mereka bisa.

Sekarang kita lihat susunan pemain timnas kita saat ini. Disitu dihuni oleh pemain-pemain naturalisasi yang nota bene mereka juga kurang begitu berprestasi di negara asalnya. Kenapa mereka mau datang ke Indonesia?? dan kenapa mereka mau bermain untuk timnas?? dan kenapa mereka tidak bermain untuk negaranya saja??

Apakah benar mereka bermain untuk timnas kita karena rasa nasionalisme?? atau karena hal lain, uang misalnya?. 

karena jika mereka bermain untuk timnas bukan atas dasar nasionalisme, saya tidak yakin kalau mereka akan bermain dengan kemampuan semaksimal mungkin demi harga diri bangsa.

Dan mengapa tidak orang asli Indonesia saja yang menghuni timnas?? apakah mereka tidak lebih hebat dari pemain naturalisasi tersebut?..karena saya yakin, kemampuan pemain asli Indonesia lebih baik dibandingkan mereka, apalagi ketika didorong oleh rasa nasionalisme yang tinggi. Itu semua sudah terbukti saat Piala ASIA 2007 yang merupakan awal bangkitnya sepak bola Indonesia.

Dan mungkin ini juga dirasakan oleh penggemar sepak bola Indonesia, yaitu ketika timnas menang sekalipun, rasa bangga atas kemenangan timas yang dihuni oleh pemain naturalisasi dengan timnas yang dihuni oleh pemain-pemain asli Indonesia berbeda. Bangsa Indonesia akan lebih bangga jika timnas yang menjadi pemenang adalah asli orang Indonesia. 

Sejelek apapun kalau milik sendiri rasanya lebih baik dari pada meminjam bukan? sama halnya dengan timnas, seburuk apapun kalau itu adalah pemain kita sendiri rasanya lebih membanggakan, karena kita dapat berdiri dikaki sendiri. Dan akan lebih membanggakan lagi, jika timnas yang dihuni oleh orang-orang asli Indonesia tersebut berprestasi

Mudah-mudahan harapan rakyat Indonesia, yaitu prestasi yang terbaik dari timnas kita dapat terwujud.

Hidup sepak bola Indonesia.

By : Bayu Dwi Nurcahyo


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar