Rabu, 20 Maret 2013

Biarin aja mereka ngetem, mereka juga butuh makan !

 
angkot ngetem
Hal yang unik terjadi di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, lebih khusus lagi di Jakarta, orang lebih cenderung senang mencaci atau marah-marah ketika melihat angkot, metromini, kopaja atau angkutan umum lainnya mangkal/menunggu penumpang dipinggir jalan.





Bis lagi ngetem
Kita juga sering menganggap angkutan umumlah penyebab kemacetan, bahkan sering menganggap angkutan umumlah yang sering menyebabkan terjadinya kecelakaan. Kenapa kok orang-orang punya anggapan seperti itu ya? kelihatannya benci banget sama angkutan umum..








 
mobil pribadi parkir sembarangn
Tapi sekarang kita lihat, di beberapa ruas jalan di Jakarta, di depan-depan rumah makan, pertokoan, mal-mal, trotoar sering kita lihat banyak mobil-mobil pribadi parkir sembarangan disitu. Mungkin gak jadi masalah kalau parkirnya tidak makan jalan, masalahnya adalah kebanyakan dari mereka parkir pasti makan jalan dan menyebabkan kemacetan. Tapi kenapa orang tidak mempermasalahkan hal itu dan menganggap itu hal yang wajar..??





Parkir sembarangn
kendaraan pribadi parkir sembarangn


Diibaratkan, " mau makan atau belanja tapi gak ada tempat parkir, wajar kalau mereka memarkirkan mobilnya didepan rumah makan atau toko walaupun bikin macet. Tapi kenapa angkot, metromini dianggap gak wajar dan mengganggu ketika mereka ngetem dipinggir jalan buat nunggu penumpang? mereka nge-tem juga buat makan dan belanja sama seperti mereka" !!!! Kenapa harus dilarang..hmmm,,siapa sebenarnya yang salah..

Yah, begitulah hidup dikota besar, terkadang semaunya sendiri. Ya sudahlah, dijalanin saja, siapa tau kedepannya gak ada lagi hal-hal seperti ini.


By : Bayu Dwi Nurcahyo

   

2 komentar:

  1. tp ngetem itu budaya bay, budaya yang terjadi karena pemikiran yang salah...

    misal ada angkot A, B, C di satu trayek

    Angkot A jalan pertama, ngetem, nunggu penumpang, penuh, berangkat
    Angkot B jalan kedua, ngetem juga, karena penumpang sudah diabisin angkot A, nunggu penumpang lagi, kalo penuh baru berangkat
    Angkot C jalan ketiga, ngetem juga, karena penumpang sudah diabisin angkot B, nunggu penumpang lagi, kalo penuh baru berangkat
    Angkot A jalan untuk kali kedua, ngetem lagi juga, karena penumpang sudah diabisin angkot C, nunggu penumpang lagi, kalo penuh baru berangkat...
    demikian siklusnya.

    Kenapa nggak biar penumpang aja yang suruh nunggu, Angkot A datang, langsung berangkat...
    Angkot B datang, langsung berangkat...
    Angkot C datang, langsung berangkat...

    Wong jumlah agregat penumpang setiap hari juga sama. Penumpang gak akan bertambah gara2 ngetem.
    Pola pikir yang keliru kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener juga...yang perlu digaris bawahi mungkin pengguna mobil pribadinya ya,,janganlah parkir sembarangan..kalau qt ingin orang lain (angkutan umum) tertib, kita (pemilik kendaraan pribadi) juga harus tertib..

      Hapus