Rabu, 03 Oktober 2012

Perbedaan kedudukan seorang bawahan antara Instansi Pemerintah dan Swasta.

Assalamualaikum..salam sejahtera untuk kita semua..

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita masih diberi kesempatan untuk bertukar pikiran, yang mudah-mudahan gagasan-gagasan yang kita sampaikan pada kesempatan ini bermanfaat bagi kita semua..amin..
 
Tema kita kali ini adalah Perbedaan kedudukan seorang bawahan antara Instansi Pemerintah dan Swasta.
Hampir setiap orang saat pertama kali memasuki dunia kerja selalu menjadi seorang bawahan, baik di Instansi Pemeritah maupun Swasta, kecuali wiraswasta..
Pada Instansi swasta, terkadang seorang bawahan jika ingin tetap bekerja di Instansi tersebut harus mengikuti perintah atasanya, walaupun perintah itu tidak sesuai dengan hati nurani kita, bahkan terkadang merugikan orang lain atau bahkan diri kita sendiri. Mengapa demikian???..Karena kita bekerja untuk dia, untuk uang dia..maka mau gak mau kita mengikuti apa arahan dia...hmmm..
Mari kita lihat kedudukan seorang bawahan di Instansi Pemerintah.
.
Pegawai Pemerintah biasa disebut Abdi Negara, bekerja demi kepentingan rakyat, dan digaji dari uang rakyat. Kedudukan kita jelas, kita adalah bawahan dari rakyat kita, mereka adalah atasan kita yang sebenarnya. Bagaimana cara kita menanggapi perintah dari atasan kita dikantor?
Jawabannya jelas, selama perintah tersebut adalah menguntungkan bangsa dan negara dan demi kemakmuran rakyat, maka kita wajib mengikuti dan menjalankan perintah tersebut dengan baik..Namun ketika perintah dari atasan kita ternyata sebaliknya, maka kita sebagai pegawai yang baik, wajib menegur atasan kita dan memberikan usulan-usulan yang dapat memperbaikinya, sehingga bermanfaat bagi rakyat.
      So, jadilah pegawai pemerintah yang baik, bekerja cerdas lebih baik dari bekerja keras. Gunakan kesempatan kita untuk memilih mana perintah atasan yang baik dan mana yang tidak baik..Jangan hanya menjadi pengikut, dan harus berani menegur atasan kita ketika berbuat salah. Jangan lupa memberi usulan solusi yang terbaik. Mudah-mudahan kesalahan yang diperbuat oleh kita dan atasan adalah kesalahan  yang tidak disengaja, dan mudah-mudahan apa yang telah kita kerjakan sampai hari ini adalah benar-benar bermafaat bagi bangsa dan negara..amin

Wassalamualaikum wr..wb

By : Bayu Dwi Nurcahyo

 

3 komentar: